Cara Pemasangan IPAL pada Rumah Tangga

Uncategorized

Manfaat dari IPAL atau instalasi pengolahan limbah itu memang sangat banyak. Utamanya bagi kesehatan lingkungan, dengan adanya IPAL, lingkungan menjadi lebih sehat karena tidak adanya pencemaran. Pengolahan air limbah tidak hanya untuk industry saja tetapi untuk rumah tangga juga. Khusus pengolahan yang satu ini sering disebut juga dengan IPAL domestic.

Pemasangan IPAL domestic tentu saja berbeda dengan IPAL yang ada pada pabrik atau rumah sakit. Mengapa? Karena tangki penampungan limbah yang dibutuhkan ukurannya berbeda. Bila untuk rumah tangga, ukuran tangkinya tentu kecil bila dibandingkan dengan rumah sakit yang membutuhkan tangki penampungan yang jauh lebih besar ukurannya. Di bawah ini ada cara pemasangan IPAL rumah tangga dari IPAL Rumah Sakit IPALBioRich.com yang bisa anda ketahui.

  1. Air dari kamar mandi/toilet dialirkan langsung ke instalasi pengolahan air limbah.

Pada tahapan pertama pemasangan atau cara kerja dari IPAL adalah air yang berasal dari kamar mandi/toilet nanti akan langsung dialirkan ke IPAL. Dengan begitu, air limbah bisa langsung diolah atau diproses.

  1. Air limbah yang bukan dari toilet akan dipisahkan

Tangki penampungan air limbah merupakan tangki modern yang sudah dilengkapi dengan peralatan penyaring di dalamnya. Khusus untuk air limbah yang bukan dari toilet, nantinya akan dipisahkan melalui bak pemisah. Air tersebut biasanya limbah dari memasak atau mencuci. Limbah yang dipisahkan melalui bak pemisah lemak kemudian nanti langsung dialirkan menuju IPAL.

  1. Lubang outlet IPAL harus ada di saluran pertama

Cara pemasangan atau proses instalasi pengolahan air limbah domestic adalah tentang lubang outlet IPAL. Di sini lubang harus ada pada saluran penerima supaya proses pengolahan air limbah selanjutnya bisa diolah sedemikian rupa.

Itulah tadi beberapa cara pemasangan IPAL rumah tangga yang bisa anda ketahui. Air limbah baik itu dari toilet maupun non toilet jika dibuang sembarangan tentu saja akan mencemari lingkungan. Apalagi jika anda memiliki sumur, nantinya limbah tersebut dikhawatirkan akan merembes dan mencemari air sumur. Kalau sudah begitu tentu saja anda menjadi repot sendiri bukan? Untuk itu anda harus siap sedia IPAL di rumah supaya sehat.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*