Inilah Kelebihan Dari Custom ROM

Teknologi

ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory, Yang artinya bahwa siapa saja dapat mengedit kode, meng-compile ulang, mengubah tampilannya, atau menambah fitur, dan lain-lain.

Nah, berdasarkan sifat android yang open source tersebut, muncullah istilah Cutom ROM.

Custom ROM adalah ROM buatan pihak ketiga, yang dikembangkan oleh orang-orang diluar vendor smartphone.

Custom ROM biasanya memiliki fitur tambahan yang tidak ada pada ROM bawaan smartphone.

Custom ROM biasanya dikembangkan dari ROM bawaan ataupun AOSP (Anadroid Open Source Project).

1. Pembaruan sistem

Banyak pengguna sudah tahu masalah ini. Dengan pengecualian, setelah lebih dari setahun produsen biasanya berhenti memperbarui perangkat. Banyak perangkat setelah dua tahun tidak akan memperbarui ke versi Android terbaru.

ROM custom selalu cenderung melampaui versi resmi (tergantung pada masing-masing perangkat pada khususnya) dan memperbarui ke perangkat Android versi terbaru dengan usia empat tahun.

2. Pembaruan rutin

Pembaruan ROM custom jauh lebih rutin daripada pembaruan versi stok. Sebagian besar biasanya bukan versi final, sehingga mereka dalam pengembangan berkesinambungan untuk menyelesaikan bug dan kesalahan dalam waktu sesingkat mungkin.

3. Efisiensi dan kinerja Smartphone Menjadi Lebih Baik

ROM custom biasanya lebih cepat, lebih efisien dan menggunakan lebih sedikit memori dan daya daripada non custom ROM. Pengembang ROM khusus, atau koki yang dikenal di dunia, menghilangkan semua yang tidak berguna, seperti bloatware atau layanan pabrikan. Kernel juga dioptimalkan, yang diterjemahkan adalah proses yang ditingkatkan yang memberikan masa pakai baterai lebih lama.

4. Anda memiliki akses root

Dengan akses Root Anda memiliki kontrol atas semua perangkat lunak sistem operasi yang berjalan pada ponsel cerdas Anda. Anda bisa mengubah segalanya. Mayoritas pengguna Android PRO lebih suka melakukan root pada smartphone, jadi jika custom ROM sudah di-root, maka lebih baik.

Apakah Anda Cara Flash Asus Zenfone 5 Lupa Pola membeli smartphone tetapi lebih suka memiliki Android murni tanpa bloatware dari pabrikan? Sebagian besar ROM kustom didasarkan pada kode “Android Open Source Project” (AOSP), yaitu versi murni Android yang kemudian diperkaya dengan fungsi tambahan dan driver yang sesuai untuk setiap perangkat.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*